Rabu, 23 Januari 2013

memahami ketentuan Allah

"Dan di antara manusia ada sebagian yang berkata, "Kami beriman kepada Allah," tetapi apabila dia disakiti (karena dia beriman)kepada Allah,dia menganggap cobaan manusia itu sebagai siksaan Allah. Dan jika datang pertolongan dari Tuhanmu,niscaya mereka akan berkata,"sesungguhnya kami bersama kamu.Bukankah Allah ebih mengetahui apa yang ada di dalam dada semua manusia? (Al Ankabut:10)

Ketentuan Allah itu terbagi menjadi 2 hal yakni qadha dan qadr. memahami ketentuan Allah ini merupakan rukun iman,dimana setiap muslim harus meyakini dan juga memahami dengan baik.
Qadha merupakan hal yang qathi (tidak bisa dirubah) dimana Allah SWT sudah menentukan secara umum (gambaran umum) mengenai kehidupan mahluk-Nya. contoh si Fulan sudah ditentukan menikah. Sedangkan qadr itu merupakan ketentuan-ketentuan Allah untuk mengisi atau menuju ketentuan umum itu, contohnya si fulan menikah dengan fulanah asalnya dari suku a wajahanya seperti ini dan itu. nah untuk urusan qadr kita diajarkan untuk berdo'a dan juga usaha yang maksimal.

Memahami ketentuan Allah, insya Allah akan membuat ketenangan dalm menjalani hidup. karena apapun yang terjadi pada kita itu semua merupakan yang terbaik dan juga ada terbesit hikmah yang bisa kita ambil pelajaran. terkadang apa yang kita alami kurang menyenangkan namun tak lama kemudian ternyata kita menyadari bahwa hal itu merupakan sesuatu yang terbaik untuk kita,oleh karena itu tetaplah tersenyum dalam menjalani hidup ini.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar